Membuat Komentar Facebook Bagi Pengguna CMS WordPress Tanpa Plugin

Membuat Komentar Facebook Bagi Pengguna CMS WordPress Tanpa Plugin – Info kali ini saya ingin berbagi tips bagaimana cara Membuat Komentar Facebook Bagi Pengguna CMS WordPress Tanpa Plugin (Facebook Comments on Blog). Cukup mudah untuk membuat kolom komentar facebook di Blog CMS WordPress yang sobat miliki, hanya perlu beberapa langkah saja, dan sobat tidak perlu membuat aplikasi apapun dan juga tidak perlu login ke akun facebook sobat.

Komentar Facebook di Blog

Komentar Facebook di Blog

Komentar Facebook di Blog

Berikut langkah-langkah Membuat Komentar Facebook Bagi Pengguna CMS WordPress Tanpa Plugin:

  1. Hal pertama yang perlu sobat lakukan adalah mengunjungi halaman “developers facebook” untuk facebook comments, sobat bisa langsung klik di SINI.
  2. Isikan dengan data sesuai blog sobat, yaitu pada “URL to comment on” isikan dengan alamat blog sobat (ex. http://www.apriebn.com/).
  3. Selanjutnya untuk “Number of posts” isikan sesuai keinginan, jika sesuai default maka pada halaman single post blog sobat akan hanya tampil 2 list komentar terbaru yang masuk, dan yang lainnya tampil jika tombol dropdown diklik.
  4. Untuk “Width” merupakan lebar dari form dan kolom komentar yang akan tampil di blog sobat, silahkan isi sesuai lebar halaman single post blog sobat.
  5. Pada bagian “Color Scheme” merupakan pilihan warna dari Form dan Kolom Komentar, silahkan pilih sesuai dengan keinginan.
  6. Setelah selesai, silahkan klik tombol “Get Code“, dan sobat akan mendapatkan 2 script / code yang harus sobat letakkan di template / themes blog sobat.
  7. Silahkan letakkan 2 script yang sobat dapatkan sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh facebook.

Sekian tips kali ini, semoga bermanfaat, selamat Membuat Komentar Facebook Bagi Pengguna CMS WordPress Tanpa Plugin.

Pengenalan WordPress (Blog dan CMS)

WordPress adalah aplikasi web open source yang sangat populer digunakan sebagai blog engine dan diditribusikan dengan Lisensi Publik Umum GNU. WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai database-nya. PHP dan MySQL merupakan perangkat lunak sumber terbuka (opensource). Selain blog, saat ini WordPress juga dikenal dan digunakan sebagai CMS (Content Management System), karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Awalnya WordPress merupakan sebuah sistem yang bernama b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi, karena pengembangan dari b2/cafelog dihentikan, seorang pengguna aktif dari b2/cafelog, yaitu Matt Mullenweg (Ketua Pengembang WordPress saat ini) meneruskan pengembangan tersebut dan memberikan nama baru untuk sistemnya pada tahun 2003, yaitu WordPress. Nama WordPress merupakan usulan dari seorang teman ketua pengembang WordPress, yaitu Christine Selleck. Dan hingga saat ini, WordPress menjadi sebuah sistem yang sangat dikenal, semua itu tidak terlepas dari kerjasama dan kerja keras dari Matt Mullenweg dengan Mike Little.

WordPress (Blog dan CMS)

Pengenalan WordPress (Blog dan CMS)Pengenalan WordPress (Blog dan CMS)

Pengembangan WordPress terus berlanjut, dengan memberikan banyak fitur yang memanjakan dan memudahkan penggunaan, selain itu security (keamanan) dari Sistem WordPress juga terus diperbaiki. Hingga tulisan ini diterbitkan, versi WordPress tersedia untuk WordPress versi 3.2.1 dan yang sedang dalam pengembangan, yaitu RC (Release Candidate) yaitu WordPress 3.3 Release Candidate 3 (WP 3.3 RC 3).

WordPress tersedia dalam dua alamat, yaitu WordPress.com dan WordPress.org, yang masing-masing merupakan produk yang berbeda.

WordPress.com

WordPress.com merupakan situs layanan blog yang menggunakan mesin WordPress yang didirikan oleh perusahaan Automattic. Hanya dengan mendaftarkan diri di WordPress.com, maka sobat sudah bisa mendapatkan sebuah blog yang siap sobat pergunakan, dengan format alamat (url) username.wordpress.com. Keuntungan menggunakan WordPress.com yaitu sobat tidak akan disulitkan dengan proses penyediaan nama domain, web hosting, installasi dan konfigurasi. Dari semua kenyamanan yang ditawarkan oleh WordPress.com, ada beberapa hal yang tidak bisa sobat dapatkan, yaitu tidak berjalannya script Javascript pada Blog WordPress.com, tidak dapat mengubah themes / template standar yang sudah disediakan, tidak dapat menambahkan plugin lain, hanya plugin yang disediakan saja yang boleh dipergunakan. Artinya, pengguna tidak dapat menambahkan asesoris apa pun selain yang sudah disediakan. Dari beberapa pembatasan yang ada, saya rasa semua fitur yang ada sudah cukup bagus.

WordPress.org

Berbeda dengan WordPress.com, WordPress.org merupakan sebuah situs yang diperuntukan bagi para pengembang (developer) WordPress. Dan pada situs pengembang inilah, para pengguna dapat dengan leluasa untuk mengunduh (download) seluruh berkas dari CMS WordPress yang dipergunakan pada WordPress.com, dan  semua GRATIS. CMS WordPress yang telah di-download dapat diubah selama seseorang tersebut menguasai bahasa pemrograman PHP, MySQL dan script lainnya.

WordPress juga tersedia untuk Bahasa Indonesia, dan hal tersebut bisa ada berkat kerja para kontributor WordPress di Indonesia yang dipimpin oleh Huda Toriq, seorang Mahasiswa Kedokteran dari Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang. Selain Bahasa Indonesia, tersedia juga WordPress Bahasa Sunda dan WordPress Bahasa Jawa.

WordPress.com vs WordPress.org

  • WordPress.com: untuk pengguna yang ingin membuat blog sendiri secara cepat dan punya alamat website.
  • WordPress.org: untuk pengguna yang ingin memodifikasi WordPress menurut kebutuhan sendiri atau ingin membuat blog menggunakan alamat dan server sendiri.

Keunggulan dan Fitur CMS WordPress

  1. Gratis : Untuk mendapatkan perangkat lunak WordPress (CMS WordPress) hanya perlu mengunduh dari situsnya tanpa dipungut biaya, bahkan untuk blog komersial sekalipun.
  2. Open Source – Pengguna dapat melihat dan memperoleh barisan kode-kode penyusun CMS WordPress secara bebas, sehingga pengguna tingkat lanjut yang memiliki kemampuan pemrograman dapat bebas melakukan modifikasi, bahkan dapat mengembangkan sendiri program WordPress tersebut lebih lanjut sesuai keinginan.
  3. Template – Template yang dipakai pada WordPress CMS mudah dimodifikasi sesuai keinginan pengguna. Sehingga apabila pengguna memiliki pengetahuan PHP, CSS, HTML dan lainnya yang memadai, maka pengguna tersebut dapat berkreasi membuat template sendiri atau memilih ribuan template yang tersedia di internet secara bebas, yang tentu saja gratis, tetapi ada juga yang berbayar, karena mungkin fitur yang ditawarkan lebih lengkap dan profesional.
  4. Mudah – Untuk pengoperasian Blog yang menggunakan CMS WordPress termasuk mudah karena memang dibangun untuk memberikan kemudahan untuk semua pengguna, mulai dari installasi, pengaturan dan perawatan.
  5. Multi User – Satu blog WordPress, dapat digunakan untuk banyak pengguna. Sehingga WordPress juga sering digunakan untuk blog komunitas. Anggota komunitas tersebut dapat berperan sebagai kontributor.
  6. Import – Jika pengguna sebelumnya telah mempunyai blog tidak berbayar, misalnya di alamat Blogger, LiveJournal, atau TypePad, pengguna dapat mengimpor isi blog-blog tersebut ke alamat hosting blog pribadi yang menggunakan CMS WordPress. Dengan demikian pengguna tidak perlu khawatir isi blog yang lama akan menjadi sia-sia setelah menggunakan CMS WordPress.
  7. Komunitas – Selain pengguna yang banyak, banyak pula dukungan komunitas (community support) untuk WordPress.
  8. Plugin – Tersedia banyak plugin yang selalu berkembang. Plugin WordPress sendiri yaitu sebuah program tambahan yang bisa diintegrasikan dengan WordPress untuk memberikan fungsi-fungsi lain yang belum tersedia pada instalasi standar. Misalnya plugin anti-spam, plugin web counter, album foto, plugin gallery dan masih banyak plugin lainnya.
  9. Script – Kemampuan untuk dapat memunculkan XML, XHTML, JAVASCRIPT dan CSS standar.
  10. Permalink – Tersedianya struktur permalink yang memungkinkan mesin pencari mengenali struktur blog dengan baik.
  11. Kategori – Mampu mendukung banyak kategori untuk satu artikel. Satu artikel dalam WordPress dapat dikatogorisasikan ke dalam beberapa kategori. Dengan multikategori, pencarian dan pengaksesan informasi menjadi lebih mudah.
  12. Tag – Selain kategori yang sifatnya umum, pada CMS WordPress juga menyediakan yang sifatnya lebih khusus lagi, yaitu TAG.
  13. TrackBack, PingBack dan RPC Ping – Fasilitas Trackback, Pingback dan juga memiliki kemampuan untuk melakukan otomatis Ping (RPC Ping) ke berbagai search engine dan web directory, sehingga website yang dibuat dengan WordPress akan lebih cepat te- index pada search engine.
  14. Teks – WordPress menyediakan fitur pengelolaan teks yang cukup lengkap, yaitu fitur format teks dan gaya teks. Fitur-fitur format dan gaya teks pada kebanyakan perangkat lunak pengolah kata seperti cetak tebal, cetak miring, rata kanan, rata kiri, tautan dan lainnya tersedia di CMS WordPress.
  15. Halaman Statis –  Halaman khusus yang terpisah dari kumpulan tulisan pada blog, misalnya Contact Page, About Page, Privacy Policy, Sitemap, dll.
  16. LaTeX – Mendukung LaTex, LaTeX adalah bahasa markup atau sistem penyiapan dokumen untuk peranti lunak TeX. LaTeX paling banyak digunakan oleh para matematikawan, ilmuwan, insinyur, akademisi, dan profesional lainnya
  17. Search Engine Optimizer – Mempunyai kemampuan optimalisasi yang baik pada Mesin Pencari.
  18. Security – Tidak ada yang sempurna di dunia ini, begitu juga dengan sistem security yang dimiliki CMS WordPress, apalagi CMS WordPress merupakan sistem Open Source, yang scriptnya bisa dilihat dengan bebas dan dicari kelemahannya, tetapi dengan dukungan dari banyak orang ahli, sistem security WordPress sudah termasuk baik.
  19. Komentar – Sebagai perangkat lunak yang bertujuan untuk membuat blog, CMS WordPress juga tersedia sistem komentar, tapi semua itu tergantung dari Template, jadi hanya template yang mendukung kolom komentar saja yang bisa memanfaatkan sistem komentar di WordPress, tetapi kebanyakan template default, pasti ada sistem komentar.
  20. Media – Melengkapi fitur yang ada pada CMS WordPress, terdapat pula sebuah menu di dashboard Admin, untuk me-manage semua file Gambar yang ada, yaitu MEDIA. Semua gambar yang diupload yang berhubungan pada suatu artikel, semuanya bisa dilihat pada menu MEDIA.

Dan masih banyak lagi keunggulan dan fitur yang ditawarkan oleh CMS WordPress, pada intinya CMS WordPress dibuat se-user friendly mungkin, agar pengguna nyaman dalam melakukan kegiatan ngeblog.

Bagi sobat yang ingin men-Download CMS WordPress versi terbaru, silahkan disitus resmi CMS WordPress, yaitu di http://wordpress.org/download.

Sekian Pengenalan WordPress (Blog dan CMS), untuk lebih lanjut tentang CMS WordPress akan dibahas di tulisan saya yang akan datang, semoga saya bisa memberikan berbagai tips dan triks yang bisa membantu sobat mengoptimalkan penggunaan CMS WordPress untuk Blog Pribadi sobat. Selamat berkarya, salam ABC.. Jo$$$$…

sumber: id.wikipedia.org

One thought on “Membuat Komentar Facebook Bagi Pengguna CMS WordPress Tanpa Plugin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s