Menggambar Autocad dalam millimeter? Gunakan template yang tepat!

Di Indonesia, unit yang umum digunakan adalah millimeter. Namun sadarkah anda bahwa AutoCAD menggunakan feet dan inch sebagai standard? Tentu saja, karena Autodesk adalah perusahaan yang berbasis di Amerika.

Dalam prakteknya, begitu AutoCAD diaktifkan akan membuka file baru. Dalam unit imperial. Banyak yang tidak sadar akan hal ini dan langsung menggunakannya.

Jika anda termasuk yang melakukan ini, anda mungkin banyak mengalami masalah dalam skala, seperti:

  1. Linetype scale.
  2. Rendering material scale.
  3. Insert block.
  4. Hatch scale.
  5. dsb.

Hal ini karena file tersebut dipersiapkan untuk digambar dengan inch, bukan mm. Anda harus mengubah skala hatch dan linetype agar tampak benar.

Template apa yang harus digunakan?

Template yang disediakan adalah ISO. Setiap anda membuat file baru, pilihlah ACADISO template dari file template yang tersedia.

iso_template

Untuk mengujinya, coba anda buat dua file baru.

  1. File pertama dibuat dengan template acad.dwt.
  2. File kedua dengan acadiso.dwt.

Cobalah load linetype dashdot di kedua file. Buat garis sepanjang 1000mm di keduanya. Anda akan bisa segera melihat garis dan titik di file kedua, tapi di file pertama hanya garis tidak terputus!

Coba lagi buat rectangle dengan ukuran 500x500mm di masing-masing file. Isi dengan hatch ANSI32. Biasanya kita menggunakannya untuk arsiran bata. Apa yang anda lihat? Di file ke dua, arsiran langsung terlihat. Di file pertama hanya hitam!

Menetapkan default template untuk file baru

Nah bagaimana agar AutoCAD setiap dijalankan langsung membuka template ISO, bukan imperial?

Anda bisa mengubahnya dari AutoCAD option.

Buka tab Files. Cari kelompok template settings. Klik tanda + untuk mengembangkannya. Klik lagi tanda + di bawah default template file name for QNEW.

template_for_new

Klik none untuk memilihnya. Klik browse di sebelah kanan list. Carilah file ACADISO.dwt.

Kesimpulan

Banyak hal kecil yang dilewatkan oleh pengguna AutoCAD, namun bisa berpengaruh cukup besar pada produktifitas kerjanya. Bayangkan jika anda harus menskala setiap linetype dan hatch setiap menggunakannya. Jika anda mencoba rendering, anda akan kesulitan mengatur lighting dan material supaya tampak benar.

Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar